Rabu, April 17
Shadow

Selamatkan Gelar Liga Champions dari Tertinggal 2 Gol

Selamatkan Gelar Liga Champions
Selamatkan Gelar Liga Champions

CMD368 – Manchester City selamatkan gelar liga champions dengan Phil Foden mencetak dua gol dan menciptakan satu gol lagi jadikan Manchester City juara bertahan yang bangkit dari ketinggalan 0-2. Mempertahankan catatan tak terkalahkan mereka di Liga Champions dengan kemenangan 3-2 atas RB Leipzig.

Erling Haaland juga memecahkan rekor lain saat City memberikan respons gemilang terhadap dua gol Lois Openda di babak pertama di Stadion Etihad pada hari Rabu.

Pemain pengganti Julian Alvarez keluar dari bangku cadangan untuk menyelesaikan perlawanan dan mengamankan posisi puncak di Grup G bagi tim tangguh Pep Guardiola.

Foden memulai perubahan keadaan ketika ia memberikan umpan kepada Haaland di awal babak kedua untuk gol yang membuat pemain asal Norwegia itu menjadi pemain tercepat yang mencapai 40 gol dalam kompetisi ini, hanya dalam 35 penampilan.

Gelandang asal Inggris itu menambahkan gol kedua yang luar biasa sebelum kemampuan kaki yang luar biasa memberikan peluang kepada Alvarez untuk gol ketiga City.

Kedua tim sudah memastikan tempat mereka di babak 16 besar. Namun selain dari posisi akhir di grup, ada juga masalah kehormatan yang harus dipertaruhkan.

City mencoba melindungi rekor tak terkalahkan dalam kompetisi Eropa sebanyak 18 pertandingan berturut-turut. Sedangkan Leipzig berharap untuk menghapus kenangan kekalahan 7-0 mereka di tempat yang sama musim lalu.

Tim dari Bundesliga itu memulai dengan kuat dan ingin menguji kiper cadangan City, Stefan Ortega. City hampir kecolongan gol awal saat Xavi Simons melepaskan tendangan rendah yang melenceng.

Itu adalah peringatan yang tidak diindahkan karena bola panjang sederhana dari kiper Janis Blaswich membuat pertahanan tuan rumah terkecoh. Manuel Akanji dengan ceroboh membiarkan bola memantul saat berusaha menghalau Openda dan harus membayar mahal karena penyerang Belgia itu lolos.

Man City selamatkan gelar Liga Champions, RB Leipzig terhalau

Openda telah mencetak gol dalam pertemuan Leipzig dengan City bulan lalu. Memperlihatkan ketenangan saat ia melesat ke dalam area dan melepaskan tembakan rendah yang gagal diantisipasi Ortega.

City hampir mencetak gol cepat saat Ruben Dias menyundul di atas mistar. Rico Lewis kemudian melakukan usaha luar biasa untuk mengontrol umpan. Mengalahkan seorang pemain bertahan tetapi ia juga melepaskan tembakan di atas mistar. City terbongkar lagi oleh umpan dari dalam setelah setengah jam pertandingan. Kali ini Dias tidak dapat memotong umpan dan kalah oleh Openda di garis sisi lapangan.

Sekali lagi Openda menunjukkan kecepatannya dan tidak bisa di hentikan saat ia masuk ke dalam dan melepaskan tembakan melewati Ortega. Haaland mencoba menyelamatkan situasi tapi tembakannya jauh di atas mistar dan kemudian sundulannya juga tidak membuahkan hasil saat mengarah ke arah Blaswich.

Pertunjukan buruk Akanji berlanjut ketika ia melakukan pelanggaran terlambat terhadap David Raum tetapi ia lolos dari kartu kuning. City menunjukkan lebih banyak determinasi setelah istirahat. Berusaha memperkecil kedudukan pada menit ke-54 hanya beberapa detik setelah Jeremy Doku dan Alvarez masuk dalam pergantian ganda untuk Jack Grealish dan Kyle Walker.

Foden membuka pertahanan dengan umpan cerdik dan berhasil selamatkan gelar liga champions untuk Manchester City. Foden menjadi bintang dengan mencetak gol penyama kedudukan sendiri pada menit ke-70, dengan sentuhan luar biasa untuk menyingkirkan seorang bek di tepi kotak penalti dan kemudian dengan cerdik melewati Blaswich.

Leipzig belum selesai dan pemain depan pinjaman dari Liverpool, Fabio Carvalho, mengira telah membawa tim tamu unggul kembali segera setelah masuk dari bangku cadangan tetapi usahanya di anulir karena offside.

Itu adalah momen yang akan mereka sesali karena Foden berputar di dalam area dari umpan Doku. Menyodorkan untuk Alvarez untuk menyarangkan gol tiga menit menjelang akhir pertandingan.

DAFTAR

Baca juga: Ronaldo Bermain Tanpa Gol di Kandang Sendiri